Resensi Buku Selalu Ada Pesan Untuk Saling Menguatkan


Halo Kawan Aksara, 

‘Selalu Ada Pesan Untuk Saling Menguatkan’ adalah buku pertama M. Shafar Alhadi atau yang dikenal sebagai @kataitem di Instagram. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia pada tahun 2020.

Resensi Buku Selalu Ada Pesan Untuk Saling Menguatkan
Penulis yang menurut pengakuannya sendiri selalu ditolak saat mengirimkan cerita pendek ke majalah, kini akhirnya bisa menerbitkan buku solonya sendiri. Tak hanya menulis, Shafar yang merupakan seorang art designer yang juga mendesain ilustrasi buku dan covernya sendiri. Buku yang memiliki 146 halaman ini memuat banyak kata motivasi dan pesan-pesan pendek mengenai kehidupan bagi pembaca.

Terdapat tiga bab dalam buku ini, bab pertama adalah Pesan dari Peristiwa, bab kedua Pesan Baik Tidak Terduga, dan bab terakhir Pesan dari Manusia. Bab pertama Pesan dari Peristiwa, penulis mengambil kutipan dari peristiwa sehari-hari yang ia alami. Seperti dari pengalaman kita semua belajar naik sepeda saat masih kecil.

Di bab kedua yaitu Pesan Baik Tidak Terduga, penulis mendapatkan pelajaran dari orang-orang di sekitarnya, seperti wejangan yang ia dapat dari bapak ojek online.

Bab ketiga, Pesan dari Manusia berisi surat-surat pendek yang ditulis oleh pengikut akun @kataitem di Instagram. Cukup random, ya.

Menurut saya, salah satu hal yang menarik di buku ini adalah kutipan yang menyangkut pengalaman sehari-hari penulis seperti. Hal tersebut lebih relate dan membekas di hati pembaca. Meski hanya berisi kutipan-kutipan singkat, buku ini cukup bermakna.

Rangkaian kata dalam buku ini dapat membuat saya merenung, salah satunya adalah:

‘Kalau hari ini harapan kita tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, percayalah Tuhan pasti sudah mempersiapkan harapan-harapan yang lebih baik dari hari ini.’

Yang juga unik dari buku ini adalah penulis juga memasukkan beberapa pesan dari orang lain yang ditujukan untuk diri sendiri dan orang tua di bab tiga. Terdapat pesan dari Maurina Sanra, @liputansenja, dan beberapa anonim lainnya. Penulis dari pesan-pesan tersebut merupakan pengikut Instagram @kataitem.

Selain dari pesan-pesannya yang bagus, hal lain yang saya sukai dari buku tersebut adalah visualnya. Gambar-gambar yang didesain oleh sang penulis sendiri terlihat simpel nan manis, membuat buku enak dilihat. Beberapa dari gambar tersebut sudah pernah diunggah oleh Shafar di akun Instagram @kataitem, namun dengan caption atau pesan yang berbeda. Dari segi kemasan hard cover dengan harga Rp86.000, buku ini cukup mahal mengingat isinya hanya sedikit. Buku ini lebih mementingkan estetika dibandingkan isi.

Buku ini mempunyai konsep penyampaian yang interaktif, dan ringan untuk dibaca dalam sekali duduk. Namun, ada beberapa kalimat yang membingungkan karena berulang, sehingga agak sulit untuk dimengerti. Meskipun begitu, buku yang sudah masuk cetakan keenam ini masih layak untuk dibaca terutama untuk orang-orang yang merasa lelah dengan kehidupan di dunia nyata dan butuh motivasi atau reminder untuk menjadi lebih baik, pulih seperti sediakala. 

Penulis Resensi: Nailah Aieola Nabihah

Judul: Buku Selalu Ada Pesan Untuk Saling Menguatkan 

Penulis: @KataItem

Penerbit: Grasindo

Cetakan: Pertama

Tahun Terbit: 2020

Halaman: 208 Halaman

Sampul: Hard Cover

Harga: Rp86.000,-



Posting Komentar

0 Komentar