Serunya Ikut Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang

Penulis: Nailah Aieola Nabihah

Writing skill termasuk skill aktif, ketika kemampuan menulis dalam bahasa Inggris tidak rutin dilatih maka akan tumpul. Latihan yang konsisten serta mencari bimbingan yang tepat dapat memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat ingin mengekspresikan ide dalam menggunakan bahasa Inggris."

Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI

Halo Kawan Aksara,

Minggu lalu, aku mengikuti kelas bahasa Inggris Creative Writing for Blogger yang diadakan oleh TBI (The British Institute) Malang berkolaborasi dengan Komunitas ISB (Indonesia Social Blogpreneur). Kelas ini berlangsung selama tiga hari 16-18 Juli 2024. Pas banget untuk mengisi liburan sekolahku. 


Serunya Ikut Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang

Sebagai komunitas blogger, ISB sangat mendukung para anggotanya untuk terus belajar hal baru. Teh Ani Berta selalu menyemangati agar anggotanya tidak malas mencoba hal baru dan mencintai apa yang kita kerjakan.

Keseruan Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang 


Hari pertama les, kelas bahasa Inggris yang diadakan via Zoom ini dibuka dengan perkenalan masing-masing peserta dengan bahasa Inggris. Suasana di kelas santai, meskipun ada perasaan groginya juga sih karena baru pertama kali aku bergabung dan belum kenal dengan peserta lain.


Kami membahas mengenai diri sendiri, apa pekerjaan atau kesibukannya sekarang, hobi dan lainnya. Guru kami Miss Agnes lulusan dari Sastra Inggris, jadi aku tanya deh bagaimana rasanya kuliah Sastra Inggris. Ternyata, awalnya ia kurang berminat jurusan itu, tugasnya juga banyak. Tapi, lama-lama ia suka kuliahnya dan akhirnya jadi guru bahasa Inggris!


Serunya Ikut Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang

Setelah itu, kelas dilanjutkan dengan membahas topik utama hari itu yaitu film. Setelah bermain tebak-tebakan poster film, kami dimasukkan ke dalam break room bersama satu orang lainnya untuk mengobrol lebih lanjut mengenai film, tentu saja dengan menggunakan bahasa Inggris. 

Aku mengobrol dengan Kak Rella Sha, seru sekali! Kak Rella suka film Exhuma yang terkenal dari Korea Selatan. Ia suka film itu karena mengangkat budaya dan sejarah suatu negara yaitu Jepang dan Korea Selatan.


Serunya Ikut Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang

Setelahnya, kami membuat ulasan film dengan format sesuai contoh yang Miss Agnes berikan. Aku sendiri mengulas film favoritku,
Legally Blonde yang diperankan Reese Witherspoon. Peserta lain heran kenapa film kesukaanku jadul banget, haha. Aku menontonnya di saluran streaming dan suka jalan ceritanya yang seru tentang perempuan yang kuat dan mandiri. Tokoh utamanya Elle Woods itu cerdas, unik, dan fashionable banget. 


Pertemuan berikutnya, kami menjadi lebih santai di hari kedua, apalagi kali ini kami membahas mengenai berbagai makanan khas dari seluruh dunia. Jadi lapar, deh. Haha.


Kami diberi beberapa tugas yang dikerjakan bersama, mudah dan asyik untuk dikerjakan. Tak hanya itu, kami juga belajar mengulas restoran yang pernah kami kunjungi dengan menggunakan bahasa Inggris. Cukup menantang, tapi aku sendiri senang mengerjakannya.


Menurutku, meskipun kelasnya singkat hanya tiga hari tapi menyenangkan sekali. Awalnya memang ragu untuk mengobrol dengan bahasa Inggris, namun lama-kelamaan kami menjadi lebih nyaman dan bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris.


Karena materi dan topiknya mudah dan  banyak diketahui dan disenangi semuanya, jadi lebih gampang untuk berdiskusi.


Lebih Dekat dengan The British Institute Malang


Kalian sudah tahu kan TBI atau The British Institute yang ternama ini? TBI adalah lembaga kursus bahasa inggris yang diadakan secara online dan offline. TBI berdiri sejak 18 Februari 1984 alias sudah berusia 40 tahun jadi kualitas pengajarannya tak usah diragukan lagi.


Serunya Ikut Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang

TBI tak hanya memiliki tenaga pengajar yang berasal dari Indonesia seperti Miss Agnes tapi juga punya tenaga pengajar asing atau native speaker. Tenaga pengajar TBI punya jam terbang mumpuni dan komunikatif untuk mengajar para siswa. Jadi, kelas yang diadakan di TBI lebih seru dan  menyenangkan ya. 

TBI sudah memiliki beberapa cabang diantaranya TBI Kelapa Gading, TBI Depok dan tentu saja TBI Malang, tempat aku dan kakak-kakak blogger les online


Oh iya, TBI didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages). Hebat kan?


Bagaimana metode pengajaran di TBI Malang?


TBI Malang menerapkan metode pengajaran eklektik yang menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.  


Seperti kelas yang kami ikuti tiga hari ini materinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan para blogger untuk menulis ulasan film dan kuliner yang menarik dan akurat di blog.


Mengapa memilih kursus bahasa Inggris di TBI Malang?


1.Tempat Kursus Berkualitas


TBI sudah berpengalaman menyelenggarakan kursus bahasa Inggris selama 40 tahun jadi kurikulum, metode pengajaran serta pengajarnya tak usah diragukan lagi ya kualitasnya.


2.  Sistem Pembelajaran Beragam


TBI sudah ada di beberapa kota tapi belum ada di semua kota. Tapi tenang saja, walau pun kotamu belum ada cabang TBI kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris dari ahlinya seperti aku.


Ya, kamu bisa ikut kelas online di TBI Malang via Zoom sesuai kebutuhan kamu. Nah, ini dia asyiknya kursus di TBI. Ada dua metode pembelajaran di TBI Malang yaitu:


-Offline learning.


-Online learning.


3. Lokasi Strategis


Lokasi TBI Malang berada di Jalan Soekarno Hatta, Mojolangu Kota Malang yang strategis. Dekat dengan pusat perbelanjaan, sekolah dan perkantoran. Jadi, kamu tidak kesulitan menjangkau lokasi lesnya secara tatap muka ya, Kawan Aksara. 


4. Jadwal Kelas Beraganm


Kelebihan TBI Malang lainnya adalah  jadwal kelasnya yang beragam. Kamu bisa memilih jadwal belajar yang lebih fleksibel sesuai dengan waktu luangmu. 


Sebagai pelajar yang sekolah dari pagi sampai sore, aku bisa memilih kelas setelah Magrib ya atau akhir pekan. Kelasnya tersedia dari hari Senin-Sabtu pukul 09.00-21.00 WIB. Jadi, tak usah khawatir jadwalmu bentrok. Tinggal pilih jadwal kelas yang sesuai denganmu.


5. Trial Classes


Untuk calon peserta kelas Children (usia 4-9 Tahun) kamu dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join class. Jadi, kamu bisa tahu apakah kelasnya menyenangkan dan sesuai dengan level kemampuan bahasa Inggrismu dan bisa mengikutinya.


Serunya Ikut Kelas Creative Writing for Blogger di TBI Malang

5. Biaya Kursusnya Terjangkau


Mamakku yang hobinya cari promo pasti happy nih dengar ada promo program kursus di TBI Malang hihi. Khusus untuk bulan Juli 2024 ada promo Back To School dari tanggal 15 Juli - 31 Agustus 2024, TBI Malang menawarkan diskon s/d 1,5 juta rupiah untuk program Preschooler, Very Young Learners, Children, Pre-teenager, dan Teenager. Ayo, serbu!


7. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan


Kelas TBI Malang tak hanya untuk anak-anak dan remaja. Tapi, TBI Malang juga  memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Jadi, karyawan perusahaan bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya agar lebih baik, ya. 


Program-program Bahasa Inggris di TBI Malang 


1.Core Programmes

• Young Learner English

• Pre - Teenager English

• Teenager English

• Global English

• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)

• Professional English

• Corporate Training


2.Customised Programmes

Workshop for Professionals

• Private Classes

• International Exam Prediction Test

• Short Course


3. Powered by UTC

• ICAS

• Teacher Training

• CELTA

• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)

• Digital Learning.


Oh iya, tahun ajaran baru sudah mulai, nih.

Dapatkan diskon dan berbagai penawaran menarik lainnya termasuk Lucky Dip (Study Voucher & Shopping Voucher) TBI BACK TO SCHOOL 2024! Dan jangan lewatkan juga kesempatan untuk dapatkan Grand Prize: Smart Tablet* (*terdapat di sekolah tertentu). Yuk, daftarkan anak-anak sekarang: wa.me/6287815963475


Terima kasih untuk  Miss Agnes dan Miss Prima untuk kelasnya yang seru. Terima kasih untuk TBI Malang dan Komunitas ISB untuk kesempatannya. Kalau kamu ingin belajar bahasa inggris secara seru dan menyenangkan, langsung cuss daftar saja di TBI Malang, ya!


The British Institute Malang


Jalan Soekarno Hatta No. A2, Mojolangu,

Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.


Buka Senin-Sabtu Pukul 09.00-21.00 WIB


Telpon: 0812-2946-937


Email: infokg@tbi.co.id 


Website : www.tbi.co.id




Posting Komentar

8 Komentar

  1. Good job, Nailah. Alhamdulillah bisa les online di TBI ya. Di Malang TBI emang dah terkenal banget terutama di kalangan pelajar. Semoga kelak bisa lanjut belajar di luar negeri ya.

    BalasHapus
  2. TBI ini udh banyak di mana2 ya mba. Dan terkenal sebagai tempat kursus bahasa yg bagus memang.

    Menariiik materi kelasnya. Mau ga mau JD dipaksa utk bicara. Krn sbnrnya kunci dari menguasai bahasa asing, jangan takut ngomong. Ga ush mikir grammar dulu. Lama2 JD lancar.

    Dan hrs selalu dipakai. Aku ngerasain kok, sejak udh ga kuliah dan ga kerja, BHS inggrisku juga JD menurun. Krn ga kepake. Secara pasif aku msh paham Krn msh sering baca buku BHS inggris. Tapi secara aktif udh tersendat kalo ngomong.

    BalasHapus
  3. TBI ini memang lengkap ya, aku banyak dengar tentang kelas-kelasnya dan menarik karena offline onlinenya jalan semua dan cabangnya cukup banyak.

    Teknis belajarnya itu menarik juga ya, mengulas sesuatu yang di suka itu jadinya lebih mudah untuk mengutarakannya, seperti film yang disuka.Mantapss

    BalasHapus
  4. Ini kalo gasalah ada di cibubur juga kan ya mba? Aku kebetulan lagi pengen memperdalam ilmu inggrisku lagi euy, apalagi setelah sekian lamma ga diasah.

    Bahasa inggris untuk conversation tuh penting banget. Apalagi untuk blogger kayak kita. Manatau upgrade skill jadi makin gede peluang dapet job kakap 😁

    BalasHapus
  5. Kelas ini sangat bermanfaat bagi yang ingin meningkatkan kualitas tulisan untuk blog. Teknik-teknik menulis yang diajarkan sangat praktis dan bisa langsung diterapkan. Selain itu, juga belajar banyak tentang menulis dalam bahasa Inggris yang bener namun tetep menarik. Sangat recommended untuk blogger pemula maupun yang sudah berpengalaman!

    BalasHapus
  6. Keren banget nih Writing skill bareng TBI Malang, bakalan nambah wawasan sangat. Apalagi metode pembelajarannya yang seru, asyik bakalan lebih mudah menempel diingatan dan bisa segera dipraktekkan.

    TBI memang sudah terbukti kualitasnya. Aku pun pernah ikutan kelasnya dan program mereka menarik, serta fleksible bisa belajar dari mana aja dan gak ada alasan buat malas upgrade skill karena semudah itu buat menuntut ilmu.

    BalasHapus
  7. Wah, senangnya
    Mbak Dewi sering ikutan kelas TBI ini ya mbak
    Dulu kita pernah sekelas waktu di TBI kelapa gading ya
    Sekarang di Malang juga ada TBI ya
    Makin merata se Indonesia ya TBI ini

    BalasHapus
  8. aku waktu kuliah sering nyoba beragam tempat kursus bahasa inggris di Malang, termasuk TBI ini, dan waktu itu TBI terbilang masih baru di Malang.
    kalau belajar bahasa Inggris kayaknya diusahakan jangan terputus gitu ya atau minimal kita harus ulang lagi dirumah. Kadang aku ga ngulang lagi, jadi suka lupa juga.

    apalagi sekarang ada kelas creative writing, menarik sekali temanya mbak. Sesuai sama aku yang blogger dan kadang nulis artikel pake bahasa inggris

    BalasHapus